Terimakasih Ibu :)

Leave a Comment

Ibu saya bernama Tri Agus Listiani, berumur sekitar 43 tahun, lulusan dari fakultas pendidikan kimia UNY, bekerja di perusahaan obat ternama luar negeri, lahir di Purworejo, 17 Agustus 2013. Saat masyarakat Indonesia merayakan hari jadinya, maka mereka juga merayakan hari jadi ibu saya. Selalu, perayaan hari jadi beliau dirayakan dengan megah dan seluruh elemen masyarakat bergembira.
Ibu saya mempunyai badan kurus dan pendek, rambut bergelombang, hidung tidak mancung, dan berkulit putih. Kata beliau, dulu beliau itu primadona waktu muda, banyak lelaki memperebutkan beliau, tapi saya sih tidak percaya akan omongan itu, hahaha.
Kata beliau, dulu saya dilahirkan secara normal di sebuah rumah sakit kecil di Kutoarjo. Saya lahir waktu subuh, lama sekali saya keluar. Waktu beliau berkontraksi, langsung ayah saya memanggil becak dan mengantarkan beliau ke rumah sakit kecil tersebut. Jarak yang ditempuh pun jauh, sekitar 15 kilometer. Perjalanan semakin berat karena waktu itu malam hari dan pada waktu itu dan sampai sekarang, jalan yang ditempuh tidak ada lampu dan hanya penenrangan seadanya. Yah, dulu, rumah yang beliau dan ayah saya tempati berada jauh dari gemerlapnya kota, hanya di sebuah desa yang bila hendak menuju kesana harus lewat jalan di pematang sawah.
Waktu saya hendak dari Rahim ibu, waktunya itu lama sekali. Otomatis penderitaan beliau juga lama. Beliau berjuang dengan kematian agar saya dapat merasakan sejuknya udara di pagi hari dan melihat indahnya dunia.
Sedari masih kecil, saya dikenalkan dengan rasa prihatin oleh orang tua saya. Pernah dulu, saya dititipkan kepada simbah saya dan ber-TK di Kutoarjo. Waktu liburan, saya kembali ke pelukan ibu saya dan waktu pulang saya menagis sejadi-jadinya. Saya tak mau berpisah dengan beliau. Setiap saya pulang, selalu ibu saya menemani saya dan simbah saya naik bis kota hingga tempat tertentu. Pernah saya menangis di bis kota karena beliau turun dari bis kota, saya menangis keras sekali, tapi karena masih kecil, saya tidak merasa malu. Alasan beliau menitipkan saya adalah beliau banting tulang di Jakarta untuk menghidupi saya. Waktu itu zaman krisi moneter. Beliau bekerja di salah satu perusahaan obat dalam negeri yang syarat masuknya harus belum menikah. Karena kebutuhan yang saat itu mendesak, beliau rela berbohong dan menulis belum menikah.
Waktu kecil, saya pernah tiga kali menginap di rumah sakit. Dua kali kena demam berdarah dan sekali mengalami kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan tulang kaki saya retak. Waktu sakit inilah, beliau dengan sabar merawat saya, memilihkan obat yang cocok agar saya cepat sembuh, dan menemani saya tidur di rumah sakit. Saya ingat, waktu itu saya tidak mau makan dan dengan sabar beliau menasihati saya agar mau makan sambil menyuapi saya.
Waktu kecil, sebelum dititipkan, saya sering sekali disuapi beliau dan bila tidur selalu bersama beliau. Bila beliau tidak ada di samping saya sewaktu saya banging, saya pun menangis. Setiap hendak tidur, saya mempunyai sebuah ritual, yaitu memegang pipi beliau. Dulu, mandipun saya dimandiin hingga bersih, padahal beliau capek sehabis bekerja. Setiap malam saya tak bisa merasakn kehangatan beliau, karena beliau kerja siang dan malam. Bila malam, beliau bekerja dari jam 7 malam hingga jam 9 malam.
Memasuki masa SD, karena SD saya mengaharuskan bahwa jam setengah 7 harus sudah sampai di sekolah, dengan lembut beliau membangunkan saya dan menyiapkan baju serta sarapan. Sarapan pun seadanya, paling sering beliau membuatkan telur dadar atau telor ceplok, namun saya jarang mengeluh, karena sarapan itu beliau sajikan dengan kasih sayang. Dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD, saya sama sekali tidak bisa memakai dasi, dan beliau lah yang memakaikan dasi saya.
Memasuki masa SMP, masa pemberontakan saya, hubungan saya dengan keluarga renggang. Waktu itu beliau melihat ada bungkus rokok di rumah saya. Karena itu, hampir tiap malam beliau cekcok dengan ayah saya. Hanya ulah kenakalan saya beliau memperjuangkan saya di mata ayah saya. Beliau jugalah yang menasihati saya dengan lembut. Bila ada masalah berat yang melanda saya, saya ceritakan kepada beliau. Awalnya beliau sedikit marah, namun menasihati saya dengan lembut dan akhirnya membantu saya.
Kerenggangan hubungan saya dengan keluarga saya sampai puncaknya waktu SMA. pernah beliau meneteskan air matanya atas kenakalan saya. Waktu itu ada masalah yang berat sekali dan ibu saya meminta saya menceritakan masalah itu. Karena beliau tak ingin kisah masa mudanya yang menyidahkan menimpa saya juga, beliau bercerita mengenai masa mudanya yang kelam dan menyedihkan. Di saat bercerita itulah, beliau menangis. Beliau menangis bersama saya di malam yang gelap itu.
Pagi-pagi betul, beliau sudah bangun untuk memasak dan mencuci baju, padahal malamnya beliau bekerja hingga larut malam. Beliau juga lah yang rela bangun malam-malam saat saya mengerang kesakitan karena kaki saya kram untuk memijati kaki saya. Beliau jugalah yang selama ini memberi saya uang jajan. Beliau jugalah yang waktu saya kecil membelikan saya mainan. Belau jugalah yang selalu mengambilkan raport saya dari SD hingga SMA. Beliau jugalah yang selalu menemani saya saat acara wisuda tau pelepasan murid ke orang tua saat SMP dan SMA. Bahakn beliau jugalah yang memakaikan saya baju adat jawa. Beliau jugalah yang selalu menunggu saya pulang ke rumah, walaupun itu sudah dini hari. Waktu pulang di atas jam 1 pagi dan membuka pintu rumah, saya melihat beliau menonton tv dan menahan kantuk. Waktu beliau sudah melihat saya pulang dalam keadaan sehat, beliau langsung masuk kamar dan langsung menikmati mimpi indahnya.
Banyak sekali hal-hal yang beliau berikan kepada saya hingga saya menjadi seperti sekarang ini. hal-hal yang saya tulis di atas hanyalah sebagian kecil dari kasih sayang beliau kepada saya. Sebagai seorang anak, saya takkan bisa membalas semua kasih sayang yang beliau berikan. Hanya permintaan maaf saja yang selalu keluar, tindakan saya pun tak pernah membahagiakan beliau dan saya selalu meminta maaf. Selama itu pula, permintaan maaf saya serasa tak cukup untuk mengobati sakit hati beliau kepada saya. Saya hanya bisa berterima kasih atas semua yang telah ibu lakukan kepada saya dan sekali lagi saya memnita maaf karena belum bisa membahagiakan ibu.
Kasih saying ibu sungguh luar biasa sekali, namun hingga saat ini saya belum bisa membahagiakan ibu. Namun, satu yang pasti, saya ingin membahagiakan ibu dengan meraih kesuksessan hidup dan seluruh rasa terimakasih yang besar saya berikan kepada ibu, karena tanpa beliau saya tak bisa seperti sekarang ini. saya pun selalu berdoa kepada Tuhan, agar ibu selalu diberi umur panjang dan masih bisa melihat saya sukses.
Terimakasih ibu, jasamu selau kukenang di relung hati yang paling dalam. Engaku adalah wanita yang paling saya cintai di dunia ini. tak pernah terbayangkan, saya hidup tanpa anda. Terimakasih ibu.
Terimakasih ibu.
Terimakasih ibu.

Atas rumah, 24 Mei 2013

Cipta Swastika

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments: