Yogyakarta yang wow :)

Leave a Comment

Yogyakarta.
Yogyakarta, daerah yang terkenal dengan keistemewaan dan wistanya. Jujur, saya sudah tinggal di Yogyakarta selama kurang lebih 16 tahun, dari saya kecil hingga besar seperti sekarang, saya belum menemukan atau mengetahui keistemewaan dari Yogyakarta. Karena seringnya saya pergi ke luar kota, untuk melaksanakan tugas ataupun sekedar berliburan dan melepas penat, saya sedikit mengetahui apa keistemewaan dari Yogyakarta. Namun, jujur saja, saya tak tahu bagaimana menjelaskan keistemewaan Yogyakarta melalui kata-kata. Menurut saya, keistemewaan Yogyakarta hanya dapat kita rasakan bila kita benar-benar meresapi apa yang ada di dalamnya dan memaknai arti dari Yogyakarta.

Yogyakarta itu istemewa, menurut saya. Dilihat dari perbatasannya saja, dari utara dibatasi oleh Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah dan kokoh. Gunung Merapi bila dilihat dari kejauhan sangat indah dan menakjubkan. Bila sedang tidak ‘marah’ dan sedang beruntung, kita bisa mendapatkan keindahan pemandangan gunung tersebut. Selalu saja saya terdiam melihat keindahan alam itu dari rumah saya. Dari rumah saya atau dari Kota Yogyakarta saja, kita bisa menelanjangi gunung tersebut, muali dari puncak hingga bukit Gunung Merapi. Di lengkapi dengan langit biru, awan putih diatasnya, gunung yang hijau agak keabu-abuan, serta dilengkapi dengan awan yang menyembul dari puncak gunung tersebut, merupakan lukisan alam yang indah. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata keindahannya. Saya pun bingung bagaimana menjelaskannya. Namun satu yang pasti, bila kita benar-benar meresapi dan menikmati keindahan pemandangan tersebut, kita tidak ingin cepat-cepat beranjak dari tempat kita melihat pemandangan tersebut. Pemandangan ini akan makin indah, menurut saya, pada waktu sore hari diamana warna langit di sore hari menerpa keangkuhan dan kegagahan gunung ini dan makin sempurna saja lukisan Tuhan yang satu ini.




Namun keindahan itu akan luluh lantah dan digantikan dengan kemuraman bila sang gunung sudah marah dan menyemburkan awan panasnya. Dilihat saja gunung tersebut tak mau dan memilih bersembunyi dibalik awan panas yang dikeluarkannya. Seketika langit Yogyakarta menjadi hitam dan dipenuhi abu vulkanik. Namun, setelah marah mereda, gunung tersebut akan indah lagi seperti seorang gadis yang anggun.


Di bagian barat, terbentang Pegunungan Menoreh dari utara hingga selatan. Pemandangannya sungguh indah, apalagi bila kita sudah sampai di kaki pegunungan tersebut. Kita akan disuguhi pemandangan sungai yang berbatu, tebing-tebing di salah satu sisi sungai dan sawah hijau yang terbentang luas di sisi lain sungai tersebut. “bisa buat syuting FTV nih.”, kalau kata teman saya. Menurut saya, tak usalah kita pergi ke China untuk melihat pemandangan sungai yang dikelilingi bukit-bukit, karena di Pegunungan Menoreh sudah ada. Bila kita naik hendak menuju Gunung Kelir, salah satu daerah di Pegunungan Menoreh, kita akan disuguhi pemandangan pohon-pohon karet yang tumbuh alami dan rapi di kiri dan kanan kita. Suasana yang asri dan tenang bisa kita jadikan tempat renungan ataupun sekedar melepas penat dari kegiatan-kegiatan kita selama 6 hari. Sungguh, temapt ini benar-benar asri dan tenang. Hati dan pikiran akan menjadi tenang bila sudah berada di tempat ini. jauh dari hingar binger dan hiruk pikuk kota, hanya didapati suara burung, suara berbagai serangga, serta suara binatang-binatang lain. Dari atas pegunungan ini, tepatnya di sekitar atas Samigaluh, kalau tidak salah, kita dapat melihat Candi Borobudur yang terkenal yang berada di kaki pegunungan sebelah utara serta dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing.

Berlanjut ke arah selatan, bisa kita lihat laut biru yang indah. Ya, dibagian selatan, Yogyakarta langsung berbatasan dengan Samudra Hindia atau masyarakat yogyakarta menyebutnya Segoro Kidul. Di bagian selatan ini, tentunya terdapat pantai. Pantai-pantai yang terkenal adalah Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Kuwaru, Pantai Srandakan. Geografis dari pantai-pantai ini adalah curam serta terdapat palung-palung yang tidak terlihat. Di Pantai Parangtritis, pantai paling terkenal, di sebelah timur terdapat bukit yang merupakan rangkaian Pengunungan Seribu. Pegunungan Seribu berakhir di Pantai Prangtritis dan membuat suatu pemandangan yang indah. Di sepanjang sebelah utara pantai, terdapat rumahmakan-rumah makan yang mengandalakan menu seafood. Tak perlu repot-repot mencari makan bila sedang menikmati keindahan laut dan lapar datang. Kiat bisa menikmati kuliner laut sembari melihat keindahan pantai dan laut.

Langsung disebelah timur terdapat Pegunungan Seribu yang dimulai dari selatan memanjang ke arah utara. Karena rumah saya berada di kaki pegunungan ini, stiap hari saya melihat pemandangan pegunungan ini. Terdapat Candi Boko di sebelkah utara kaki pegunungan ini dank e utara lagi terdapat Candi Prambanan yang terkenal. Masyarakat Yogyakarta sering menyebut pegunungan ini Gunung Kidul , sesuai dengan nama kabupaten. Terdapat hutan yang indah dan asri dan sering dijadikan tempat foto untuk buku tahunan ataupun pernikahan, namun saya belum pernah mengunjungi tempat tersebut. Di tengah-tengah atau di sebelah timur Pegunungan Seribu terdapat Gunung Purba dan bila ke selatan lurus dari Kota Wonosari terdapat pantai-pantai yang indah. Pantai yang terkenal antara lain Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Wediombo. 


Keadaan geografis pantai-pantai di Gunung Kidul adalah berpasir putih, berkarang, ombak yang kecil, serta di kiri kanan pantai terdapat bukit yang agak tinggi sehingga menambah indah pemandangan. Perjalanan menuju pantai-pantai tersebut, kita disuguhi pemandangan bukit-bukit kapur dan segala keunikan Pegunungan Seribu.
Pegunungan ini mempunyai keunikan, yaitu curah hujannya yang sedikit. Walaupun musim hujan sekalipun serta Kota Yogyakarta yang diguyur hujan lebat, pegunungan ini terang benderang langitnya, tidak Nampak tanda-tanda hujan, paling banter mendung.

Ya, Yogyakarta seungguh beraneka ragam. Keadaan alam disini sungguh banyak, mulai tanah yang subur di kaki Gunung Merapi hinnga tanah tandus di Pegunungan Seribu. Di setiap puncak dari pegunungan-pegunungan dan gunung yang ada di Yogyakarta, kiat bisa melihat seluruh Kota Yogyakarta dan pegunungan dan gunung yang mengelilinginya. Dari Gunung Merapi di sebelah utara hingga Pantai Prangtritis disebelah selatan terdapat garis lurus yang melewati Tugu Yogyakarta dan Keraton, sehingga dari tengah kota kita bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas.
Masyarakat disini pun beraneka ragam. Disini terdapat seluruh orang dari berbagai nusantara dan hidup dengan damai dan saling menjaga kerukunan.
Ingin melihat pantai yang indah? Tak perlu jauh-jauh ke Hawaii atau Macau, di Gunung Kidul ada! Ingin melihat dan mendaki gunung, Gunung Merapi lah tempatnya! Ingin menenagkan diri? Pergilah ke Pegunungan Menoreh dan Pegunungan Seribu! Di yogyakartapun terdapat waduk yang indah, yaitu Waduk Sermo. Atau ingin melihat kerjaan yang masih mempunyai raja, ratu dan para ajudannya serta masih aktif memerintah? Tak usah jauh-jauh ke Inggris. Di Yogyakarta ada, tempatnya di keraton. Di Yogyakarta juga terdapat istana presiden yang dulu digunakan sebagai tempat pemerintahan waktu agresi militer Belanda.



Bisa saya katakana, Yogyakarta itu candu!. Sekali anda datang kesini, anda akan kangen dan serasa ingin kembali lagi kesini. Selalu saja ada yang membuat kita kangen muali dari keramahan masyaraktnya hingga keindahan alamnya.
Karena hal-hal itu pula, saya sangat menyukai dan mencintai Yogyakarta. Karena Yogayakarta itu ISTIMEWA!

sumber foto : www. google.com

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments: