kick off asisten! priiitttt

Leave a Comment

Senin, 19 Maret 2013

Kembali lagi ke hari senin, yang merupakan hari pertama di minggu baru, hari yang memulai kesibukan untuk 4 hari ke depan. Tanpa banyak fafifu, langsung saja masuk ke cerita yang nggak ceto. Hari senin kumulai pada pukul 00.00 WIB. Yak, hari senin saya ngelembur, mengerjakan laporan praktikum Tata Letak Penanganan Bahan yang buanyak sekali! Karena ini praktikum kelompok, maka tugas untuk membuat laporan, kami bagi- bagi dan bejonnya, saya mendapatkan bagian pembahasan! Okelah, pembahasan, ya pembahasan! Sumpah, saya bingung disini, ini apa yang mau dibahas? Materinya aja saya nggak begitu dong kok disuruh ngerjain pembahasan, ya ntar amburadul kan jadinya? Hahaha. tapi setelah mendapatkan data-data apa saja yang perlu dibahas dari teman saya, langsung dah saya mengerjakan tanpa banyak fafifu, haha. Googling dengan kata kunci peta kerja, dan disitu terdapat banyak sekali web yang membahas peta kerja, jenis-jenisnya, serta fungsinya dan saya tertolong! Terima kasih tuhan, hahaha, selalu bersyukur atas apa yang diberikan saja. Dengan melihat web tersebut, saya mulai mengerjakan dan dicampur dengan data yang didapat, dan pembahasan pun selesai dalam waktu 5 jam! Yak 5 jam! Anda tahu 5 jam digunakan untuk membahas tentang praktikum acara 2 ini, sumpah, pembahasan saya ada 9 halaman plus 1 halaman kesimpulan. Mata saya ini, cuapeknyaaa sekali dan saya selesai jam 5 pagi, dimana pada waktu-waktu tersebut adalah waktu yang bikin galau antara mau tidur atau lanjutin aja begadangnya. Kalau tidur, nanti nggak bisa bangun jam 8 pagi dan kalau nggak tidur, terpaksa menahan kantuk hingga jam 6 sore dan saya pun untuk memilih tidur! Dan berkat tuhan serta niat saya, saya bangun jam 8 pagi! Hahaha.


ini acara-nya, namanya kick off asisten :)

ini koordinator para asisten mikrodas, namanya mbak odie :)

ini ceritanya snack

 Jam 10 pagi, saya diharuskan menghadiri pembukaan dan penerimaan asisten di kampus, karena ini wajib dan ada acara makan-makannya, dengan semngat 45 saya ke kampus. Sampai di kampus, disana berkumpul para asisten-asisten praktikum untuk semester ini dan ada sapatah dua patah 3 patah hingga berpatah-patah kata dari ketua jurusan saya. Hal yang paling saya ingat dari berpuluh-puluh kata yang beliau ucapkan adalah untuk menjadi asisten yang baik beliau menyarankan  kata-kata FRESH yang mana menurut saya, kata tersebut bukan hanya cara untuk menjadi asisten yang baik, namun menjadi seorang yang disukai dalam kehidupan bermasyarakat. Kepanjangan kata FRESH adalah :

First impression. Maksudnya kita harus menciptakan aura yang bagus dengan penampilan yang bagus, good appearance, posture yang bagus, sikap kita yang memudahkan orang-orang untuk nyaman di dekat kita.

Respect. Kita harus respect ke semua orang agar semua orang respect kepada kita.

Eye contact. Non verbal communication, build the trust, emotion. Sepenangkapan saya, kita harus bisa melihat dan tahu gerak-gerik orang tersebut yang menggambarkan suasana hatinya. Kita juga harus berkontak antar mata saat saling berbicara.

Smile. Kita harus memberikan senyum kepada orang yang kita temui, walaupun senyum itu kurang ikhlas, yang penting senyum aja, hahaha. kita harus menunjukan sikap berteman, nyaman, dan aman

Hearing and listening. Kita harus mengerti apa yang dibutuhkan orang dan kita harus menyiapkan telinga kita untuk mendengarkan keluh-kesah, pendapat dari orang.


nah, yang lagi ngomong itu, bu erma, dpa saya, tapi lupa beliau megang apa di acara ini


Selain, kata-kata diatas, kajur saya juga menayangkan sebuah film berdurasi kurang lebih 3 menit, di film itu, saya menangkap beberapa cuplikan kata yang menusuk hati saya, yaitu “ketakutan terbesar kita adalah cahaya, bukan kegelapan!”
 “jadilah orang yang menonjol dari orang lain dan tunjukkan kemampuan kita ke orang-orang, jangan menjadi orang yang tak menonjol.”
“bila kita gagal, jangan mencari kesalahan orang lain sebagai alasan kegagalan kita, karena hal itu adalah kelakuan seorang pengecut! Semua kesalahan yang menyebabkan kita gagal adalah dalam diri kita dan kita harus mengakuinya! Itulah seorang pemenang!”.
Oke, setelah beribu-ribu patah kata dari dosen sesepuh, akhirnya acara makan-makan pun terlaksana, dan saya dengan semangat 45 berjalan menuju ruang yang digunakan untuk acara makan-makan. Dan setelah kenyang saya pergi untuk beristirahat di HMJ karena nanti saya harus mengasisteni adek ankangkatan saya, dan selesai tulisan ini, saya sedang mempersiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam praktikum nanti.
Oke, sekian dulu tulisan nggak ceto saya, semoga bermanfaat dan suatu saat nanti, saya akan menceritakan kebodohan, kepintaran, dan hal-hal lucu kelompok praktikum yang saya pegang. Oke, selamat sore semua :)

ini asisten kimia biokimia
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments: